Anugerah Desa Terbaik TIK 2023: Perkembangan KIM Jadi Tambahan Indikator Penilaian

  • Jul 10, 2023
  • JATIKERTO.KROMENGAN

JATIKERTO - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang menambahkan satu indikator penilaian untuk gelaran Anugerah Desa Terbaik Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2023, yakni perkembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di masing-masing desa. 

Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Ricky Meinardhy menyampaikan, pada gelaran Anugerah Desa Terbaik TIK 2023 berbeda dengan tahun lalu. Jika 2022 penilaian Anugerah Desa Terbaik TIK lebih fokus ke arah pengembangan TIK, 2023  juga akan fokus terhadap partisipasi masyarakat dalam mengembangkan TIK berupa adanya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di masing-masing desa. 

"Sekarang kami menambahkan kategori bagaimana peran serta KIM yang lebih bisa memberikan hasil. Bagaimana KIM melaporkan ataupun mereka lebih konsisten dalam menggunakan KIM untuk menginformasikan," ujar Ricky dikutip dari www.malangtimes.com

Selain itu, terkait dengan optimalisasi pemanfaatan media sosial oleh KIM di masing-masing desa juga menjadi penilaian. Kemudian, KIM yang berjejaring dengan KIM di wilayah lainnya akan menjadi tambahan nilai dalam Anugerah Desa Terbaik TIK 2023. 

"Itu yang ada memberikan penilaian tambahan, bisa masuk kategori penilaian Anugerah Desa TIK," ujar Ricky. 

Nantinya, dengan gelaran Anugerah Desa Terbaik TIK tahun 2023 juga sebagai upaya dari Diskominfo Kabupaten Malang untuk mendorong masing-masing elemen masyarakat dapat membentuk KIM di masing-masing desanya. 

"Dengan adanya Anugerah Desa TIK tentu saja penilaiannya adalah sebagian kelompok informasi masyarakat ini akan membantu mendorong terbentuknya KIM yang ada di desa yang belum terbentuk," terang Ricky. 

Mengingat, pada catatan Diskominfo Kabupaten Malang di pertengahan Juni 2023 lalu, masih terdapat 215 KIM yang sudah terbentuk di 30 kecamatan di Kabupaten Malang. Di mana 2023 ini ditargetkan dapat terbentuk 240 KIM di Kabupaten Malang. 

Sedangkan, dari persebaran KIM di 30 kecamatan, terdapat tiga kecamatan yang hingga pertengahan Juni 2023 lalu masih belum memiliki KIM, yakni Kecamatan Kasembon, Wajak dan Kalipare. 

Sebagai informasi, gelaran Anugerah Desa Terbaik TIK tahun 2023 direncanakan akan mulai digelar pada awal Agustus 2023 dan pemenang akan diumumkan November 2023 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang yang ke-1.263 tahun.